Rabu, 03 Juni 2020

Contoh RPP Kelas 1 Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       :  SDN 222 Inpres Pali
Kelas/Semester          :  1/1 (satu)
Mata Pelajaran          :   Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu           :   6 x 35 menit  ( 1 x pertemuan )

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI-1:Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2:Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru,dan  tetangga, dan negara.
KI-3:Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba  berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan  kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI-4: Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis,  logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang  mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengantahap perkembangannya.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan
                    Menentukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui  teks  pendek berupa gambar.
.                   Menentukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui teks pendek berupa tulisan.
            Menentukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui teks pendek berupa slogan sederhana.
               Menentukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui teks pendek berupa syair lagu.
             Menentukan kosakata tentang  pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek berupa gambar.
                Menentukan kosakata tentang pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek berupa tulisan.
               Menentukan kosakata tentang pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek berupa slogan sederhana.
       .       Menentukan kosakata tentang pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek berupa tulisan.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan)
Tentang anggota tubuh dan pancaindra serta
Perawatannya menggunakan
kosakata bahasa Indonesia dengan
bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.
               Menyajikan penjelasan berupa gambar tentang anggota tubuh serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan.
               Menyajikan penjelasan berupa gambar tentang anggota tubuh serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara tulis.
               Menyajikan penjelasan berupa tulisan tentang anggota tubuh serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan.
               Menyajikan penjelasan berupa tulisan tentang anggota tubuh serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara tulis.
               Menyajikan penjelasan berupa gambar tentang pancaindera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan.
               Menyajikan penjelasan berupa gambar tentang pancaindera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara tulis.


C.      Tujuan Pembelajaran
1.    Melalui pengamatan gambar  tentang diriku , peserta didik dapat  menentukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui teks pendek  secara mandiri .
2.    Melalui diskusi, peserta didik dapat menentukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui teks pendek berupa slogan sederhana dengan teliti.
3.    Melalui penugasan secara berkelompok, peserta didik dapat menentukan kosakata tentang anggota tubuh serta perawatannya melalui teks pendek berupa syair lagu  secara sistematis.
4.    Melalui tanya jawab, peserta didik dapat  menentukan kosakata tentang panca indra serta perawatannya melalui teks pendek berupa gambar dengan tepat.
5.    Melalui diskusi, peserta didik dapat  menentukan kosakata tentang pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek berupa tulisan dengan tepat dan penuh tanggungjawab.
6.    Melalui gambar , peserta didik dapat  menentukan kosakata tentang pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek berupa slogan sederhana dengan percaya diri.
7.    Melalui diskusi, menentukan kosakata tentang pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek berupa tulisan dengan tepat.

D.    Materi Pembelajaran
            -  Organ tubuh
            -  Pancaindra
D.    Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran                    : Discovery Learning
Metode Pembelajaran                 : Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab

E.        Media dan Alat Pembelajaran
Media:
1.Lembar Kerja Siswa
2.Gambar diriku
3.Teks pendek berupa lagu “Dua Mata Saya”
4.Teks Pendek Slogan

Alat:
1.LCD
2.Layar
3.Lembar Kerja Peserta Didik
4.Kertas karton/manila
5.Alat tulis (spidol, bolpoin dll)
6.Lem
7.Gunting
8.Selotip

F.        Sumber Belajar
1.      Buku Paket Unit PPKn SD - Pancasila
2.      Buku referensi yang relevan

G.    Kegiatan Pembelajan
Tahap Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
A.    Kegiatan Pendahuluan
20 menit
Orientasi
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Peserta didik berdoa dengan dipimpin ketua kelas
3.      Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya
4.      Guru mengecek kehadiran peserta didik
5.      Peserta didik melakukan kegiatan literasi membaca (buku non pelajaran)
Appersepsi
6.      Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya
7.      Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan hari ini.


Motivasi
8.        Peserta didik mendapat informasi dari guru mengenai tujuan, manfaat pembelajaran yang akan dilakukan, metode pembelajaran

B.     Kegiatan Inti

Tahap 1
Pemberian
Rangsangan (Stimulation)
1.        Peserta didik mengamati gambar “Diriku” yang disajikan guru di depan kelas.
2.        Peserta didik melakukan curah pendapat untuk menggali pengalaman dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra.
3.        Peserta didik merespon pertanyaan-pertanyaan membangun konteks berkaitan dengan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra yang diajukan oleh pendidik berdasarkan gambar yang diamati, misal:
- Di mana letak mata?
- Di mana letak rambut?
- Di mana letak telinga?
- Di mana letak dagu?
- Dimana letak tangan?
175 menit
Tahap 2
Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)
1.       Peserta didik secara berkelompok mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) 1.1 Identifikasi Kosakata tentang Anggota Tubuh dan Pancaindra.
2.       Perwakilan kelompok membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
3.       Peserta didik bersama guru membahas LKPD 1.1.
4.       Hasil kerja kelompok ditempel di papan pamer yang ada di kelas.
5.       Guru memberikan penguatan.
6.       Peserta didik mengidentifikasi kosakata tentang pancaindera serta perawatannya melalui teks pendek berupa lagu “Dua Mata Saya” ciptaan Pak Kasur.
7.       Peserta didik mengajukan pertanyaan secara lisan tentang perawatan anggota tubuh dan pancaindra terkait dengan lagu yang dinyanyikan, misal:
o   Berapa kali sehari kita mandi agar tubuh kita sehat dan bersih?
o   Bagaimana cara membaca buku yang baik agar mata kita tetap sehat?
o   Bagaimana cara kita merawat gigi agar sehat dan bersih?
o   Bagaimana cara merawat telinga agar tetap bersih?
8.       Peserta didik lain merespon pertanyaan temannya dengan dibimbing guru.
9.       Guru melakukan pengamatan untuk menilai sikap peserta didik.

Tahap 3
Pengumpulan Data (Data Collection)
1.        Peserta didik mengerjakan LKPD 1.2 Teks Pendek Slogan Sederhana.
2.         Masing-masing kelompok mendapatkan tugas mengamati slogan sederhana yang dibagikan oleh guru.
3.         Peserta didik membaca dan mencermati slogan yang terdapat pada LKPD 1.2.
4.         Peserta didik memasangkan kata isi Teks Pendek Slogan Sederhana dengan huruf pertama dari kata tersebut.
5.          Setiap kelompok bertugas membaca slogan sederhana mendata informasi yang terdapat pada slogan sederhana sesuai dengan tugas masing-masing kelompok.

Tahap 4
Pengolahan Data (Data Processing)
1.       Peserta didik menirukan ucapan guru berdasarkan gambar yang dilihatnya, misal:
1)        Mata untuk melihat.
2)        Telinga untuk mendengar.
3)        Lidah untuk mengecap.
2.       Secara bersama-sama peserta didik menyanyikan teks pendek lagu Kepala Pundak Lutut Kaki yang ada pada LKPD 1.3 Teks Pendek Syair Lagu.
3.       Secara berkelompok peserta didik berdiskusi mengerjakan LKPD 1.3, yaitu memasangkan nama-nama anggota tubuh dan pancaindra yang bermakna isi syair lagu dengan gambar yang sesuai.
4.       Selanjutnya peserta didik berdiskusi mengerjakan LKPD 1.4 Menyusun Huruf  Nama  Anggota Tubuh  dan Pancaindra.
5.       Peserta didik menempelkan hasil pengolahan data pada kertas plano.

Tahap 5
Pembuktian (Verification)
1.       Peserta didik melakukan kunjung ke kelompok lain, satu orang anggota kelompok bertugas menjelaskan hasil diskusi di kelompok masing-masing.
2.       Kelompok yang dikunjungi melakukan presentasi dan memberikan penjelasan hasil kerja kelompok, peserta didik yang berkunjung memberikan respon hasil dengan memberikan tanggapan.
3.       Guru memberikan penguatan.

Tahap 6
Menarik Kesimpulan/ Generalisasi (Generaliza tion)
1.   Peserta didik secara bersama-sama menarik kesimpulan, dibimbing oleh guru
2.   Guru menguatkan kesimpulan yang telah dirumuskan oleh peserta didik.

Kegiatan Penutup


1.        Guru melakukan refleksi berkaitan dengan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.        Siswa menyampaikan perasaannya setelah mengikuti kegiatan hari ini.
3.        Guru meminta salah satu siswa memimpin doa penutup.
15 menit

H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian (terlampir)
a.      Sikap
Penilaian sikap dalam pembelajaran ini menggunakan teknik observasi yang dicatat di dalam jurnal harian untuk sikap: mandiri, tanggung jawab, teliti, percaya diri dan kerjasama.
b.      Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dalam pembelajaran KD ini meliputi:
1)     Tes lisan
2)     Tes tertulis: Menjodohkan

c.       Keterampilan
Penilaian keterampilan dalam pembelajaran KD ini menggunakan penilaian unjuk kerja.

2.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) setelah melakukan tes tertulis pada akhir pembelajaran, maka akan diberikan pembelajaran tambahan (Remidial Teaching) terhadap IPK yang belum tuntas, kemudian diberikan tes tertulis pada akhir pembelajaran lagi dengan ketentuan:
1)      Soal yang diberikan berbeda dengan soal sebelumnya namun setara.
2)      Nilai akhir yang akan diambil adalah nilai hasil tes terakhir.
3)      Peserta didik yang sudah tuntas (≥KBM) dipersilakan untuk ikut bagi yang berminat untuk memberikan keadilan.


CONTOH PROGRAM REMEDIAL

Sekolah                                   :  ………………………………………………………………………..
Kelas/Semester                       :  ………………………………………………………………………..
Tema                                       :  ………………………………………………………………………..
Sub Tema                               :  ………………………………………………………………………..
Pembelajaran                          :  ………………………………………………………………………..
Tanggal Evaluasi                    :  ………………………………………………………………………..
Bentuk Soal Evaluasi             :  ………………………………………………………………………..
Materi Soal Evaluasi              :  ………………………………………………………………………..
(KD / Indikator)                     :  ………………………………………………………………………..
KKM                                      :  ………………………………………………………………………..



No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Ket
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






dst








b.        Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KBM (Ketuntasan Belajar Minimal). Guru memberikan materi pengayaan berupa penajaman pemahaman dan keterampilan memecahkan persoalan yang lebih komplek,





                                                                                    Pali,   Juli 2020
Mengetahui
Keepala Sekolah                                                         Guru Kelas




---------------------------                                                 FILSILIANA PAEMBONAN,S.Pd.Gr

1 komentar:

  1. JTG Sportsbook launches in New Jersey - KTAR
    JTG Sportsbook and 전주 출장안마 JTG sportsbook, which 김해 출장안마 opened in 2016 with a $1,000 bonus, will 경주 출장마사지 soon be in New 광주 출장샵 Jersey. JTG Sportsbook and JTG Sportsbook is 사천 출장샵

    BalasHapus